Kepolisian Negara Republik Indonesia
Daerah Jawa Barat
Melindungi dan Mengayomi Masyarakat www.jabar.polri.go.id

Kapolda Jawa Barat
Dr.Drs.H.ANTON CHARLIYAN,MPKN
Inspektur Jenderal Polisi
Lihat Profil
Selamat Datang di Portal Resmi Berita POLDA JABAR : menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan terupdate.klik WEBSITE POLDA JABAR

Polres Cianjur Rekonstruksi Kasus Pengeroyokan di Malam Tahun Baru

CIANJUR – Kepolisian Resort (Polres) Cianjur akhirnya menggelar rekontruksi perkara pengeroyokan yang dilakukan oleh para remaja tanggung hingga menyebabkan kematian pada malam tahun baru 2014, Kamis (23/1/2014). Rekontruksi dilakukan di tiga titik dengan pengawalan ketat dari petugas kepolisian.

Kapolres Cianjur AKBP Dedy Kusuma Bakti mengatakan, dalam reka adegan tersebut, pihaknya melibatkan langsung ketiga pelaku yang berhasil ditangkap dan sejumlah saksi. Sementara seorang pelaku hingga saat ini masih DPO.

“Adegan pertama kita lakukan di jalan HOS Cokroaminoto tempat mereka berkumpul untuk merencanakan tindakan sekaligus TKP kejadian. Kemudian Jalan Ir H Juanda dan RSUD Cianjur, dimana korban, yakni Yogi sempat dirawat, namun akhirnya meninggal dunia,” kata Kapolres.

Dalam rekontruksi tersebut, pihaknya menggelar sebanyak 15 adegan, yang hampir kebanyakan menggambarkan aksi pengeroyokan yang dilakukan pelaku terhadap korban. “Pelaku utamanya mereka bertiga ini, yakni IR, LM dan RDA. Sedangkan RK, pelaku yang buron, meski perannya tidak terlalu, tapi tetap kita lakukan pencarian,” ungkapnya.

Sebelumnya, Polres Cianjur berhasil mengungkap perkara pengeroyokan yang menyebabkan kematin dengan menangkap empat pelaku. Keempatnya ditangkap beserta sejumlah barang bukti, seperti bambu, batu bulat dan samurai yang digunakan untuk mengeroyok korban.

“Akibat perbuatannya, pelaku kita kenakandiken pasal berlapis, diantaranya pasal 170 ayat (2) ke-3 Jo 351 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara dan pasal 2 ayat (1) undang-undang darurat Republik Indonesia nomor 12/1951 dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara,” tandasnya.(galamedia)