Kepolisian Negara Republik Indonesia
Daerah Jawa Barat
Melindungi dan Mengayomi Masyarakat www.jabar.polri.go.id

Kapolda Jawa Barat
Dr.Drs.H.ANTON CHARLIYAN,MPKN
Inspektur Jenderal Polisi
Lihat Profil
Selamat Datang di Portal Resmi Berita POLDA JABAR : menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan terupdate.klik WEBSITE POLDA JABAR

Ciri Kulit Kikil Berzat Berbahaya? Tak Didekati Lalat

NGAMPRAH,.- Berikut ini adalah ciri-ciri kullit kikil sapi yang diolah memakai bahan kimia beracun dan berbahaya, warna kikil terlihat putih, bersih, dan dipegang kenyal. Ciri lain adalah lalat yang mau mendekat.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar, Sulistyo Pudjo, dengan penggunaan zat-zat kimia tersebut bisa dibedakan sedikit dengan yang tidak menggunakan zat kimia, “Yaitu jika dijual lalat dan ulat pun enggan menghinggapi kulit yang diberikan zat-zat ini,” katanya, saat diwawancarai di lokasi pabrik pengolahan kulit sapi memakai berbahaya, Kamis (22/1/2015).

Dia mengatakan, mulanya ada informasi dari warga yang menceritakan bahwa ada pabrik pengolahan kulit mentah yang menggunakan bahan kimia berbahaya.

“Informasinya sejak 3 minggu lalu, dan akhirnya Kepolisian dari Subdit I Indag Ditreskrimsus Polda Jabar pun lakukan investigasi, dan benar saja dalam pengolahan kulitnya, pabrik ini menggunakan Sodium sulphite, Hidrogen Peroksida, dan tawas,” katanya.

Kulit sapi mentah seberat 4 ton dan 600 kg kulit hasil produksi diamankan dari sebuah pabrik mini beromset puluhan juta rupiah per bulan, pabrik ini sendiri berada di Kampung Cikareumbi RT 02/07, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (Mochamad Iqbal Maulud/A-88)* (PRLM)