Kepolisian Negara Republik Indonesia
Daerah Jawa Barat
Melindungi dan Mengayomi Masyarakat www.jabar.polri.go.id

Kapolda Jawa Barat
Dr.Drs.H.ANTON CHARLIYAN,MPKN
Inspektur Jenderal Polisi
Lihat Profil
Selamat Datang di Portal Resmi Berita POLDA JABAR : menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan terupdate.klik WEBSITE POLDA JABAR

IMPLEMENTASI RIKKESLA ONLINE TERINTEGRASI DI LINGKUNGAN KEPOLISIAN DAERAH JAWA BARAT OLEH BIDDOKKES POLDA JABAR

 

Berangkat dar iReformasi BirokrasiPolri (RBP) yang sedang dijalankan saat ini, yang diawali dengan RBP gelombang I tahun 2004-2009, RBP gelombang II tahun 2010-2014 dan di lanjutkan dengan gelombang III tahun 2015-2019 Polri secara terus menerus dan berkesinambungan melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap seluruh aspek reformasi organisasi polri menuju Polri yang handal, profesional, dan dipercaya.
Dalam rangka pemenuhan tuntutan tersebut diatas diperlukan anggota Polridan Pegawai Negeri Sipil dalam lingkungan Polri yang selalu siap melaksanakan tugas yang di bebankan oleh institusi dan salah satu aspek yang sangat mempengaruhi adalah derajat kesehatan yang baik sehingga stakeholder memiliki personil dengan derajat kesehatan baik yang pada akhirnya selalu siap melaksanakan tugas.
Salah satu upaya memelihara derajat kesehatan adalah dengan pemeriksaan kesehatan secara berkala yang selanjutnya di sebut rikkesla dimana dapat di tentukan tingkat derajat kesehatan seseorang yang bisa dikualifikasikan menjadi baik ,sedang, kurang dan buruk.
Rikkesla adalah suatu upaya promotif, preventif dan sebagai deteksi dini dari penyakit yang mengganggu kinerja seseorang. Seseorang dengan derajat kesehatan yang kurangdanburukdapat di tindaklanjutisehinggamenjadikanderajatkesehatan yang sedang atau baik.
Pemeriksaan Kesehatan Berkala On Line Terintegrasi di Lingkungan Kepolisian Daerah Jawa Barat di implementasikan karena :
a. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor : 22 Tahun 2010 tanggal 23 September tentang susunan organisasi dan tatakerja pada tingkat Kepolisian Daerah, Biddokkes merupakan unsur pendukung yang berada dibawah Kapolda yang bertugas menyelenggarakan pembinaan Kedokteran dan Kesehatan Polri yang meliputi Kedokteran Kepolisian, Kesehatan Kepolisian, Rumah sakit dan Poliklinik. Termasuk didalam lingkup Kesehatan Kepolisian adalah pemeriksaan kesehatan berkala, yang diatur didalam Peraturan Kapolri Nomor : 7 Tahun 2013, tentang Pedoman Pemeriksaan Kesehatan Berkala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

b. Banyaknya jumlah personil Polda Jabar berjumlah 32.469 orang dengan anggaran rikkesla terbatas hanya bisa memeriksa 7.999 orang sehingga setiap personil tidak dapat diperiksa setiap setahun sekali yang ideal nya Rikkesla di laksanakan setiap 6 bulan sekali.
c. Hasilpemeriksaanrikkeslamemerlukanbirokrasi yang cukuppanjangsehinggainformasi yang di perolehpersonilsangat lama.
d. Komunikasibersifatsatuarahsehinggainformasihasilpemeriksaansangat minim.
e. MeskipunsudahadaPeraturan Kapolri Nomor : 7 tahun 2013sebagaipanduanpemeriksaankesehatanberkala, sistempenilaianmasih manualmemerlukanwaktupemberianinformasicukup lama dikarenakanharus input data pemeriksaanfisikdanmenungguhasilpemeriksaanpenunjang, komunikasihanyabersifatsatuarahdantindaklanjuthasiltemuanlambatdenganpelaksanaansebagaiberikut :
1) Pesertarikkesladiperiksafisikdanpenunjang( laboratoriumdarahdanurin, rontgen , ekg/ treadmill ) padahari yang sama.
2) Padasaat di periksapesertarikkesla di beriformulirpemeriksaanfisikdanpengantaruntukpemeriksaanpenunjang.
3) Hasilpemeriksaan di tulisdalambuku status yang berisikan data kesehatanpersonil yang di nilaisecara manual.
4) Setelahselesaimenjalaniseluruhpemeriksaanpesertarikkeslahanya di infokanmenungguhasilpemeriksaan yang akan di kirimkankesatkermasingmasingberupasuratrekomendasikesehatantanpabisamelakukankomunikasiatautanyajawabsecaralangsung.

Berangkatdaripadasistempemeriksaankesehatanberkalatersebutdiatas, makadirancangsistempemeriksaankesehatanberkalaPolridenganbeberapaperubahanpada :
1) Mengurangi Proses menungguhasilpemeriksaankesehatanberkaladari 1 bulanmenjadi 1 minggudanpesertatidakperludatangkeBiddokkesPoldaJabar / Urkeskewilayahan.

2) Rekammedik / data base di rubahdariberupabukuataukertasmenjadirekammedik / data base elektronik yang lebihmenyederhanakanpenyimpanandanpencarian data sertalebihterjaganyarahasiamedispesertarikkesla.
3) Komunikasiataukonsultasiberubahmenjadiduaarah.
4) Tindaklanjuthasiltemuansegeradanedukasilebihinteraktif.

1. MANFAAT RIKKESLA ONLINE :
A. BagIAnggotaPolri:
1) Sebagaideteksidini, pencegahandanpenanganansegerabilaadatemuandarikelainan yang bersifatemergensi.
2) BergunabilaanggotaPolriakanmengikutipendidikanpengembangan.
3) MeningkatnyakinerjaanggotaPolrisebagaipelindung, pengayomdanpelayan.
B. OrganisasiPoldaJabar :
1) Tingkat kenyamanandankepercayaanmasyarakatterhadapPolrimeningkat.
2) Personilberkinerjatinggi.
3) Menekananggaranbilatemuankelainanderajatkesehatansudahdalamkondisilanjut.
C. Bagi stakeholder :
1) Kasatkerdapatmengetahuikondisiderajatkesehatananggotanyadalammempertimbangkanpenugasan.
2) Kasatkerdapatmemberdayakansetiappersonilnyasetiapsaat.

Rikkesla online inidapat di aksessetelah 1 minggusetelahpemeriksaan di lakukandansetiappersonil yang telah di lakukanpemeriksaandapatmengetahuitemuanpermeriksaan yang harus di perbaikidandapatberkonsultasisecarainteraktifmelalui on line yang akan di responpadaharidan jam kerja.
Cara mengaksesada 2 carayaitu :
1. Denganmasukkedalam website http://www.biddokkespoldajabar.com; dan

2. Denganaplikasimengunakanhandphone android denganmenginstalmelaluiplaystoredenganmengetikrikkeslamakaakanmunculpilihanrikkeslaprameswaridariBiddokkesPoldaJabar.
Selanjutnyapesertamemasukan NRP dan passkey yang diberikanpadasaatselesaimelaksanakanpemeriksaandandapatmerubah passkeynya sendiri sesuai keinginan peserta.
dapat menjadi lebih menarik dan memudahkan anggota Polri sehingga antusias untuk mengikuti Rikkesla.

VERSI ANDROID (MENGGUNAKAN GOOGLE PLAYSTORE) DENGAN CARA MENDOWNLOAD APLIKASI RIKKESLA. UNTUK MENGETAHUI HASIL RIKKES LOG IN MENGUNAKAN NRP DAN PASSKEY YANG DIBERIKAN.
VERSI WEBSITE DENGAN LINK :www.biddokkespoldajabar.com UNTUK MENGETAHUI HASIL RIKKES LOG IN MENGUNAKAN NRP DAN PASSKEY YANG DIBERIKAN.
Oleh : AKBP dr. Harry Kamijantono, Sp.OT ,KasubbidkespolBiddokkesPoldaJabar