Kepolisian Negara Republik Indonesia
Daerah Jawa Barat
Melindungi dan Mengayomi Masyarakat www.jabar.polri.go.id

Kapolda Jawa Barat
Dr.Drs.H.ANTON CHARLIYAN,MPKN
Inspektur Jenderal Polisi
Lihat Profil
Selamat Datang di Portal Resmi Berita POLDA JABAR : menyajikan informasi yang akurat, terpercaya, dan terupdate.klik WEBSITE POLDA JABAR

Tak Hanya Bandung, Pena Hitam Ada di 20 Kota Lainnya

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG – Pena Hitam yang merupakan komunitas para seniman muda untuk mengeksplorasi karya seni visual, terutama menggambar, adalah komunitas yang sedang berkembang sekarang.

Berawal dari Tangerang pada 2012 lalu, sekarang sudah ada di 20 kota di Indonesia.

“Beberapa kota besar sudah ada, kaya Bandung, Malang, Surabaya, Makassar dan Yogyakarta. Tapi nggak semua kota besar, kota kecil seperti Salatiga juga ada,” ujar Fajar, koordinator Pena Hitam Bandung kepada Tribun Jabar, Senin (7/8/2017) di FSRD ITB.

Fajar yang sekarang menjabat sebagai koordinator Pena Hitam Chapter Bandung mengatakan kalau semua anggota di Indonesia terkoneksi dan terus berkomunikasi.

Jaringan ini merupakan cara mereka mewujudkan slogan dari Pena Hitam yaitu Berkarya, Berteman, Berbagi, dan Bersenang-senang.

Rencananya, akan ada gathering nasional Pena Hitam tahun ini.

Semua anggota dari Pena Hitam diperbolehkan ikut dalam acara tahunan Pena Hitam.

Setelah tahun lalu di Solo, tahun ini direncanakan di Bali.

Dengan mengundang semua anggota melalui koordinatornya masing-masing.

“Kita pun bantu biaya temen-temen, soalnya kita ada kas. Takutnya temen yang dari Makassar misalkan nggak bisa dateng karena ada masalah finansial,” ujar Fajar.

Pena Hitam Bandung sendiri sudah berdiri semenjak dua tahun lalu.

Fajar dan teman-temannya akan mencoba terus mengembangkan minat anggota dan menambah anggota agar Pena Hitam dapat terus berkembang. (*)